Thursday, January 12, 2017

Demonstrasi 121 Bela Rakyat Di Lakukan Ratusan Mahasiswa Di Silang Monas

Demonstrasi 121 Bela Rakyat Di Lakukan Ratusan Mahasiswa Di Silang Monas

Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek berkumpul di pintu barat Monumen Nasional, Kamis (12/1). Gelombang massa dari Badan Eksekutif Mahasiswa itu merapatkan barisan dalam aksi unjuk rasa mendemo pemerintah.

Salah satu peserta aksi, Dede Syahrudin, mengatakan mereka berkumpul di sisi barat silang Monas untuk kemudian bergerak secara serentak ke arah Istana Merdeka yang menjadi titik kumpul demonstrasi.

Demonstrasi 121 Bela Rakyat Di Lakukan Ratusan Mahasiswa Di Silang Monas
**Aksi mahasiswa di Silang Monas, Kamis

"Titik kumpul di sini terus kita mau long march ke istana," ujar mahasiswa dari Universitas Djuanda Bogor itu. Dia mengatakan para peserta aksi nantinya akan menggelar orasi dan aksi teatrikal di jalanan.

Berdasarkan pantauan kami, sejumlah aparat kepolisian sudah bersiaga di sekitar titik kumpul mahasiswa. Sementara orator meneriakkan sejumlah tuntutan dan sikap mereka yang membela rakyat.

"Jangan takut ditindas, kami mahasiswa akan membela," ujar sang orator.

Demonstrasi bertema Aksi Bela Rakyat 121 ini digelar BEM Seluruh Indonesia yang tersebar di 19 titik antara lain di Yogyakarta, Padang, Aceh, Pontianak, Manado, dan Merauke.

Para mahasiswa dalam aksinya menuntut sejumlah hal, antara lain menuntut pemerintah membatalkan kenaikan tarif dasar listrik dan kembali menyalurkan subsidi bagi pengguna listrik golongan 900 VA.

Perusahaan Listrik Negara sejak awal 2017 menaikan tarif listrik bagi pelanggan 900 VA secara bertahap, yakni setiap tanggal pertama di Januari, Maret, Mei, dan Juli.

Selain itu, lembaga gabungan mahasiswa itu juga meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah 60/2016 tentang kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak.


No comments: