Friday, January 13, 2017

Cara Bakar Kalori Tubuh Saat Liburan

Cara Bakar Kalori Tubuh Saat Liburan 

Saat liburan tiba, biasanya kita akan mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya. macammnya juga lebih banyak ketimbang hari-hari biasa. Maklum saja, biasanya ibu akan masak lebih banyak atau bikin aneka camilan yang manis tapi enak-enak.


Cara Bakar Kalori Tubuh Saat Liburan


Jumlah kalori yang kamu konsumsi akan lebih tinggi ketimbang hari-hari lain. Kamu sebetulnya bisa membakar kalori itu dengan cara yang sederhana tapi cerdas. Tak percaya? Simak tips berikut.

1. Berjalan atau bersepeda

Hindari pergi ke tempat-tempat yang tak terlalu jauh dengan sepeda motor atau mobil. Pakailah sepeda atau berjalan kaki saja. Saat sore hari, kamu bisa bisa berkeliling komplek rumah dengan sepeda selama 23 menit saja, itu sudah membakar banyak kalorimu.

2. Kontes Tangga

Cobalah lebih banyak menggunakan tangga ketimbang lift. Saat kamu di pusat perbelanjaan, meski sedang naik eskalator, tetaplah berjalan naik atau turun, jangan diam saja.

3. Latihan sambil baca buku

Kamu mungkin mengisi waktu santaimu dengan membaca buku. Cobalah tetap berlatih fisik sambil membaca buku. Jangan duduk terlalu lama, karena pembakaran kalorimu pun akan menurun ke bawah satu kalori per menit dan enzim pemecah lemak akan menurun kinerjanya sampai 90 persen. Modifikasilah caramu membaca, dengan melakukan olahraga di sela-sela membaca. Misalnya, membaca sambil lari di treadmill.

4. Melakukan pekerjaan rumah

Liburan jangan banyak tidur atau bersantai seharian. Dengan melakukan pekerjaan rumah, misalnya membereskan tempat tidur dan kamar, atau malah ikut membantu ibu mencuci piring, mencuci baju, atau menyapu lantai dan halaman, akan jadi kegiatan yang menyehatkan dan membakar kalorimu.

5. Menarilah

Sambil melakukan pekerjaan rumah tadi, setel musik kesukaanmu dan lakukan sambil menari. Menari selama 40 menit saja, sudah banyak membakar kalorimu.

6. Squat ketika mengeringkan rambut

Setelah mandi di pagi hari dan membasahi rambutmu, kamu akan mulai mengeringkan rambut. Cobalah untuk melakukan squat jump saat mengeringkan rambut. Kamu bisa membakar hingga 70 kalori lho untuk setiap 5 menitnya. Mungkin kamu bisa mencobanya juga saat menyikat gigi, membuat secangkir kopi, atau menyikat rambut.

7. Minum air dingin

Lain kali saat kamu haus, cobalah dengan minum air dingin. Dengan cara itu kamu bisa mendapatkan dorongan metabolisme sekitar 25 kalori per gelas, karena tubuh kamu harus menggunakan energi ekstra untuk menghangatkan air. Delapan gelas air dingin setiap hari, dan kamu membakar 200 kalori.


No comments: